Infeksi Bakteri dan Infeksi Virus apakah sama?

Apa sich perbedaan antara Bakteri dan Virus? Infeksi bakteri maupun infeksi virus sering di samakan oleh banyak orang, tetapi berdasarkan ilmiahnya kedua hal ini adalah berbeda, walaupun sama-sama di sebabkan oleh mikroba.

Walaupun berbeda tetapi penyakit yang di timbulkan oleh Infeksi bakteri dan infeksi virus itu biasanya sama untuk kasus penyakit yang tidak berbahaya, seperti deman, sakit perut, pusing, diare, lemas, peradangan, batuk-batuk dsb. Walaupun penyakitnya sama tetapi sebenarnya penanganan antara infeksi bakteri dan infeksi virus itu berbeda dan tidak bisa di samakan.

Sebelum berbicara cara penanganan terhadap bakteri dan virus sebaiknya kita kenali dahulu perbedaan antara kedua hal tersebut :

Bakteri merupakan salah satu mikroba yang masih termasuk kedalam mekanisme Prokaryates dan berkembang biak dengan cara membelah diri. Bakteri merupakan mikroba yang paling lama telah menghuni bumi dan di perkirakan sudah ada dari pertama sekali bumi tercipta. Bakteri hidup di berbagai tempat di belahan dunia dan bisa di katakan terdapat di semua tempat di dunia ini.

Sebagian besar Bakteri yang ada di dunia ini tidak MENYEBABKAN penyakit, dari 100% bakteri yang ada, hanya 0,7% saja bateri yang menyebabkan penyakit sebaliknya bakteri malah sangat berguna untuk pencernaan manusia dan mensupport vitamin serta nutrisi bagi tubuh.

Berbeda dengan virus, Virus tidak bisa hidup sendiri dan selalu menempel pada tubuh orang lain untuk hidup. Berbanding terbalik dengan Bakteri, semua virus yang ada di pastikan menyebabkan penyakit.

Pengobatan untuk Infeksi Bakteri adalah dengan pemberiaan Antibiotik yang pas, akan tetapi apabila antibiotik di konsumsi secara terus menerus maka dosis dari Antibiotik akan perlu di tingkatkan karena Bakteri bisa beradaptasi dengan Antibiotik dan akhirnya kebal terhadapnya.

Berbeda dengan virus, Antibiotik tidak akan berguna dikarenakan Virus hidup didalam sel-sel kecil yang tidak bisa di jangkau oleh Antibiotik, cara pengobatan Virus akan lebih sulit dan biasanya di berikan Vaksin. Tetapi untuk vaksin belum bisa mengobati semua virus yang ada dan hanya bisa di gunakan untuk beberapa jenis penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *