APAKAH ITU KIMCHI?

Bagi anda para penggemar drama Korea atau mengetahui kebudayaan Korea pastinya anda mengetahui kimchi. Kimchi inilah yang menjadi salah satu makanan asal Korea yang sangat populer, hingga di berbagai negara sampai Indonesia pun sudah banyak di kenal.

Di Korea kimchi merupakan salah satu menu pelengkap yang sangat wajib ada, namun apakah kimchi ini bisa di katakan memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan?

Kimchi merupakan salah satu makanan yang sudah di fermentasi yang terbuat dari sayuran segar. Sayuran yang paling populer digunakan adalah sawi putih, namun kimchi juga bisa diolah dari bahan lobak ataupun timun.

Cara pembuatan kimchi juga sangat sederhana, setelah anda mencuci dan mengeringkan bahan tersebut lalu sayuran dicampur dengan berbagai bumbu masak. Bumbu masak ini terdiri dari bawang putih, bawang bombay, garam, bubuk cabai, cuka, minyak jagung, jahe, dan jenis bumbu lainnya maka dari itu yang membuat rasa kimchi ini memiliki kombinasi menjadi pedas dan asin.

Selain menikmati kimchi secara langsung anda juga bisa menjadikannya sebagai bumbu tambahan pada hidangan makanan lainnya seperti sup kimchi, mie atau nasi goreng. Bahkan sekarang ini makanan khas korea ini sudah dijadikan sebagai toping makanan yang sangat populer seperti pizza atau burger.

Kimchi merupakan salah satu jenis makanan yang tergolong rendah kalorinya, tidak hanya itu juga kimchi juga sama sekali tidak mengandung lemak atau protein.

Setelah kalian mengetahui apa itu kimchi, selanjutnya kita akan mengetahui manfaat dari kimchi tersebut apakah baik di konsumsi untuk kesehatan atau tidak. Kimchi ini sangat aman untuk di konsumsi karena bakteri, kuman atau kontaminas ini akan hilang selama proses fermentasi pada bahan kimchi tersebut. Jadi anda tidak perlu khawatir jika ingin mengkonsumsi makanan ini.

Berikut manfaat dari kimchi adalah :
1. Sebagai makanan probiotik
2. Meningkatkan kekebalan tubuh
3. Melancarkan pencernaan
4. Menjaga kesehatan mata
5. Menurunkan berat badan
6. Menurunkan risiko kanker

Namun anda bisa membuat inovasi kimchi ini yang terbuat dari sayuran atau dengan menambahkan bahan lainnya. Untuk pengolahan kimchi ini sebenarnya tidak sulit, anda juga bisa membuatnya sendiri dirumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *