Jangan Jijik Dulu, Ini 3 Manfaat Konsumsi Ulat Sagu Bagi Kesehatan

Bukan hal baru lagi jika kamu melihat banyak makanan aneh atau ekstrem baik itu dari Indonesia maupun luar negeri yang sekarang ini banyak di konsumsi. Makanan ekstrem yang di buat dengan bahan masakan yang tak lazim ini bahkan sudah menjadi makanan favorit masyarakat sekitar.

Salah satu makanan yang cukup ekstrem dari Indonesia adalah ulat sagu, santapan ini biasanya bisa di makan secara langsung (mentah) atau di olah terlebih dahulu.

Bagi mereka yang tidak terbiasa, jangankan untuk mencoba santapan satu ini, melihat ulat berukuran jumbo yang mengeliat saja sudah membuat nafsu makan hilang. Tapi, kamu juga harus tahu jika ulat sagu ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk tubuh. Mau tahu apa saja ? Mari simak.

1. Kaya Protein

Kandungan protein yang ada dalam ulat sagu sangat melimpah, dan inilah salah satu faktor penyebab ulat sagu banyak di konsumsi. Protein sendiri memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh untuk menjaga sistem metabolisme agar berjalan dengan baik. Protein juga berperan dalam membangun masa otot, mengontrol hormon, dan enzim serta meningkatkan sistem daya tahan tubuh.

2. Memperbaiki Suasana HatiĀ 

Selain tinggi protein, ulat sagu juga memiliki kandungan asam amino yang cukup beragam seperti leucine, isoleucine, histidine, dan phenylalanin yang sangat di butuhkan oleh tubuh. Semua senyawa itu berperan untuk memproduksi hormon serotonin dalam otak yang bisa membantu kita untuk mendapatkan suasana hati yang lebih baik. Efek ini juga berpengaruh pada kualitas tidur kita nantinya sehingga bisa bangun dalam keadaan segar dan sehat.

3. Mencegah Penyakit

Konsumsi ulat sagu ternyata bisa membantu mencegah penyakit. Hal ini di sebabkan karena ulat sagu memiliki kandungan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang bakteri dan virus penyebab penyakit. Asam lemak dalam ulat sagu juga berperan menghalau peradangan dalam tubuh dan bisa menekan kadar trigliserida yang akan sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Nah, itulah 3 manfaat konsumsi ulat sagu bagi kesehatan tubuh.