Instagram Ternyata Buruk Bagi Kesehatan Mental

Di jaman modern seperti saat ini tidak dapat dipungkiri kehadiran sosial media bernama Instagram sangatlah digermari oleh sebagian orang. Selain dapat membagikan foto dan video, banyak juga pihak yang menjadikan Instagram sebagai ajang pamer. Dibalik itu semua, ternyata Intagram dapat membawa pengaruh yang buruk bagi kesehatan mental kita, mau tahu kenapa ?

1. Instagram memiliki potensi untuk menciptakan rasa cemas

Instagram merupakan media untuk berbagi foto maupun video, biasanya kita akan memposting beberapa konten menarik mulai dari produk, barang mewah, liburan hingga hal-hal lainnya yang terkesan keren dan glamour. Ketika pengguna melihat unggahan orang lain yang jauh lebih sukses darinya, ia akan merasa cemas karena belum mencapai titik yang sudah dicapai oleh orang lain.

2. Instagram meningkatkan perasaan ketidakcukupan

Seperti yang sudah dijelaskan di poin pertama tadi. ketika kita melihat unggahan orang lain yang lebih sukses, kita cenderung merasa kurang dan ingin mendapatkan lebih seperti yang sudah didapatkan oleh orang lain. Masalahnya adalah, cara yang kita gunakan untuk mencapai titik itu cenderung salah sehingga berdampak negatif pada kehidupan kita.

3. Praktik Bullying kerap terjadi melalui Instagram

Pernah tidak kalian melihat ada unggahan foto artis yang dipenuhi dengan komentar kebencian yang sangat kasar dan terkesan membuli ? Nah itu adalah salah satu dampak buruk dari Instagram. Netizen dapat dengan mudah men judge sesuatu yang berdampak pada keikutsertaan netizen lainnya untuk mengungkapkan hal yang sama. Jika ini dilakukan secara terus menerus dan terorganisir, bukan tidak mungkin mental dari pengunggah foto tersebut akan jatuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *